Wednesday, May 11, 2011

Nasi lemak

Nasi Lemak biasa dijual di Malaysia, Brunei, Singapura, Kepulauan Riau (Rep. Indonesia) dan Thailand Selatan. Hidangan ini dianggap sebagai hidangan nasional dan warisan nasional Malaysia. Nasi Lemak ini tidak boleh disamakan dengan Nasi Dagang (biasa dijual di pantai timur Malaysia atau Terengganu dan Kelantan) walaupun kedua hidangan biasanya dapat ditemukan dijual berdampingan untuk sarapan. Namun, karena keluwesan Nasi Lemak untuk disajikan dalam berbagai acara, sekarang Nasi Lemak disajikan dan dimakan setiap saat sepanjang hari. Ada hidangan serupa Nasi Lemak di Indonesia, disebut nasi uduk.

Dengan akar dalam budaya Melayu, namanya merupakan kata Melayu, secara harfiah berarti 'nasi berlemak atau mengandung lemak'. Nama ini berasal dari proses memasak dimana nasi sudah direndam dalam santan kelapa dan kemudian campuran tersebut dikukus. Santan kelapa diketahui mengandung lemak cukup banyak. Lemak dalam santan memberikan rasa dan aroma gurih lezat khas kelapa pada nasi lemak. Meskipun demikian, kesan lemak di permukaan Nasi Lemak biasanya tidak begitu nampak sehingga tidak mengganggu selera makan bagi yang kurang suka makanan dengan lemak atau berlemak. Kadang-kadang daun pandan dibubuhkan ke nasi lemak saat pengukusan untuk memberikan aroma lebih sedap. Rempah-rempah seperti jahe dan serai dapat ditambahkan untuk aroma tambahan.
Secara tradisional, Nasi Lemak disuguhkan dalam sepiring makanan dibungkus dengan daun pisang, dengan irisan ketimun, teri kering kecil (ikan bilis), kacang goreng, telur rebus, dan saus pedas panas (sambal) pada bagian tengah nasi. Untuk makan besar, Nasi Lemak juga bisa dihidangkan dengan berbagai iringan lain seperti ayam, sotong, kerang, ca kangkung, acar, rendang daging (daging sapi direbus dalam santan dan rempah-rempah) atau paru (paru-paru sapi). Secara tradisional, kebanyakan pengiring Nasi Lemak merupakan makanan pedas.
Nasi Lemak dimakan secara luas di Singapura dan Malaysia, bahkan sebagai hidangan lazim disajikan di sekolah-sekolah Malaysia. Umumnya, hidangan sarapan berupa Nasi Lemak di kedua negara, biasanya dijual di pusat jajanan makanan di Singapura dan warung pinggir jalan di Malaysia. Seringkali Nasi Lemak dikemas dalam kertas surat kabar, kertas coklat, atau daun pisang. Namun, ada restoran menghidangkan Nasi Lemak di piring untuk sajian makan siang atau makan malam hari, sehingga memungkinkan dimakan sepanjang hari. Nasi Lemak Kukus adalah nama lain untuk Nasi Lemak yang disajikan dengan dikukus.
Resep Nasi Lemak
Bahan pembuatan Nasi Lemak antara lain: 1 cangkir beras, 3 daun pandan, garam secukupnya, dan 1 kelapa parut.
Pembuatan Nasi Lemak: bersihkan beras dan tiriskan. Peras kelapa hingga diperoleh 2 cangkir santan kental dengan daun pandan. Tambahkan garam. Jika Anda menginginkan, Anda juga dapat menambahkan beberapa bawang merah dan jahe diiris. Sajikan Nasi Lemak dengan telur rebus iris, mentimun dan sambal ikan bilis.

Artikel terkait:
Pengaruh konsumsi lemak trans pada kolesterol LDL
Tips meminimalkan efek negatif akrilamida dalam pangan
Akrilamida dalam produk pangan hasil penggorengan

No comments: