Thursday, April 23, 2009

Tips meminimalkan efek negatif dari akrilamida dalam bahan pangan


1. Menjaga pola makan yang seimbang dan bervariasi, misalnya sayur-sayuran dan buah-buahan.
2. Mengkonsumsi secara proporsional, bahan pangan yang kandungan antioksidannya cukup.
3. Jangan menggoreng bahan berlebihan (misalnya terlalu lama, berulang-ulang, atau pada suhu yang terlalu tinggi). Hal ini dapat dilakukan dengan misalnya memastikan suhu sudah mencapai temperatur yang ditetapkan, kemudian memasukkan bahan makanan, sehingga tidak memakan waktu penggorengan yang terlalu lama serta tidak banyak minyak yang terserap ke dalam produk pangan.

4. Hindari penggunaan minyak goreng yang terlalu berlebihan dalam penggorengan.
Hindari penggunaan minyak yang telah digunakan secara berlebihan baik dari segi suhu, maupun frekuensi penggunaan, misalnya minyak jelantah yang telah digunakan berulang kali (maksimal 3x).
5. Pastikan tidak ada deterjen tersisa di wajan penggorengan, karena sisa deterjen dapat mempercepat kerusakan minyak akibat udara yang terperangkap dalam gelembung deterjen pada minyak.
6. Tiriskan produk yang akan digoreng, sehingga tidak banyak air dalam produk yang dapat mempercepat kerusakan lemak/ minyak melalui mekanisme hidrolisis minyak.
7. Penerapan teknologi pengolahan yang tepat, misalnya dengan memasak dulu (kukus atau rebus) dulu bahan makanan yang perlu waktu pematangan yang lama, sehingga lama waktu penggorengan bisa dipersingkat.

Artikel terkait:
Mewaspadai akrilamida dalam makanan gorengan




No comments: