Thursday, June 16, 2011

Sekilas Keunggulan Minyak Kelapa


Apakah Minyak Kelapa itu?
Virgin coconut oil murni, tidak menggunakan hidrogenasi (proses penambahan hidrogen untuk membuat lemak cair menjadi keras), mengandung 92% lemak jenuh - jumlah tertinggi lemak jenuh dari jenis lemak apapun.

Kebanyakan lemak jenuh berbentuk padat pada suhu kamar, ditemukan dalam produk hewan (seperti daging, susu, unggas dengan kulit, dan lemak daging sapi) dan mengandung kolesterol. Tidak seperti lemak hewan, minyak tropis - sawit, inti sawit, dan kelapa minyak - merupakan lemak jenuh dan disebut minyak tetapi tergantung pada suhu kamar dapat berwujud padat, semi-padat, atau cair, dan tidak mengandung kolesterol.

Seperti semua lemak, minyak kelapa adalah campuran asam lemak. Minyak kelapa mengandung perpaduan tidak lazim dari asam lemak rantai pendek dan menengah, terutama asam laurat (44%) dan miristat (16,8%). Ini adalah komposisi tidak lazim dan mungkin menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Selain itu, "karena mereka berasal dari kelapa, mereka mungkin mengandung senyawa kimia alami tanaman yang bermanfaat dan belum ditemukan," kata Mozaffarian, peneliti dan co-direktur program epidemiologi kardiovaskular di Harvard.
Adapun kalori, semua lemak memiliki jumlah kalori sama per gram. Satu sendok makan minyak kelapa mengandung 117 kalori, 14 gram lemak, 12 g lemak jenuh, dan tidak ada vitamin atau mineral.

Penggunaan minyak kelapa dalam makanan dan memasak
Minyak kelapa digunakan dalam makanan olahan karena relatif murah dan dapat memberikan tekstur renyah untuk makanan/ Minyak kelapa juga memiliki titik asap tinggi yang membuatnya tahan terhadap oksidasi dan stabil dalam penyimpanan. Minyak kelapa terhidrogenasi dan terhidrogenasi sebagian ditemukan dalam sereal, roti, biskuit, snack asin, sabun, kosmetik, dan pelembab.
Minyak kelapa memiliki titik asap tinggi dan kemampuan pengerasan sehingga menjadi Sifat unik dari minyak kelapa dalam makanan. Nikmati minyak kelapa jika Anda lebih menyukainya daripada minyak kelapa, tetapi lakukanla secukupnya sampai penelitian lebih lanjut menunjukkan minyak kelapa itu lebih baik daripada lemak jenuh lainnya.

Kontroversi di balik keunggulan minyak kelapa
Minyak kelapa, menurut laporan terakhir, adalah makanan terbaru obat-semua. Klaim bertubi-tubi menyatakan bahwa minyak kelapa adalah makanan kesehatan yang dapat menyembuhkan segala sesuatu akibat dari fungsi imun yang buruk, penyakit tiroid, dan penyakit jantung, obesitas, kanker, dan HIV.
Jadi apakah sebaiknya Anda menyediakan selalu minyak kelapa? Tidak secepat itu menyimpulkan.
Bukti bahwa minyak kelapa adalah super-sehat tidak meyakinkan dan klaim ini tampaknya lebih bersifat testimonial daripada bukti klinis.
Ada bukti yang sangat terbatas pada penyakit, kata Dariush Mozaffarian, MD, DrPH, dari Harvard Medical School dan Harvard School of Public Health. "Semua yang telah dipelajari dengan baik adalah dampak dari minyak kelapa pada tingkat kolesterol dan temuan tersebut menarik tetapi kita masih tidak tahu apakah ini berbahaya atau bermanfaat," kata Mozaffarian.
Baik American Heart Association (AHA) atau U.S. government's 2010 Dietary Guidelines menunjukkan bahwa minyak kelapa lebih baik atau lebih disukai atas lemak jenuh lainnya. Minyak kelapa, seperti semua lemak jenuh, harus dibatasi sampai 7% -10% dari kalori karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, menurut AHA dan 2010 Dietary Guidelines tersebut.

Artikel terkait:
Tips memilih minyak kelapa
Pengolahan VCO, kualitas,dan khasiatnya
Pengolahan kopra

No comments: