Friday, June 26, 2009

Komposisi Minyak Kelapa Sawit

Minyak kelapa sawit memiliki komposisi asam lemak yang seimbang, dengan asam lemak jenuh yang hampir sama kandungannya dengan asam lemak tak jenuh. Minyak kelapa sawit mengandung as. palmitat 14-45%, as. oleat 39-40%, as. linoleat 10-11%, dan asam linolenat 0,3-0,4%. Kandungan asam linoleat dan asam linolenatnya cukup rendah, sehingga minyak kelapa sawit cukup stabil terhadap oksidasi.

Kelapa sawit E. guineensis memiliki kandungan asam palmitat antara 27-55%, asam oleat 28-56% dan asam linoleat 6,5-18%. Minyak kelapa sawit dari Elaeis oleifera (banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Tengah) bersifat lebih tak jenuh daripada E. Guineensis. Minyak kelapa sawit dari Brazil umumnya bersifat lebih tidak jenuh (kandungan asam oleat rata-rata 43,2% dan asam linoleat rata-rata 11,5%). Demikian pula minyak kelapa sawit yang dihasilkan dari jenis E. oleifera, yang lazim dibudidayakan di Amerika Selatan, mengandung asam oleat 55-64% dan asam linoleat 16-23%. Kelapa sawit E. oleifera memiliki rasio minyak dengan tandan yang sangat rendah, sehingga secara komersial tidak ekonomis. Teknologi terkini mampu menghasilkan persilangan antara Eg x Eo (E. Guineensis x E. oleifera) yaitu hibrid yang menghasilkan minyak dengan karakteristik di antara keduanya.
Minyak kelapa sawit mengandung TAG atau triasilgliserol yang terdiri dari C46 sampai dengan C56, dengan TAG utama adalah C50 dan C52. Minyak kelapa sawit dapat diolah lebih lanjut menghasilkan berbagai produk (olein, stearin, PMF, super olein, dll.).
Minyak kelapa sawit banyak mengandung disaturated TAGs (POP dan PPO) yang bertitik leleh tinggi dan monosaturated TAGs (POO dan OPO) yang bertitik leleh rendah. Minyak kelapa sawit termasuk unik di antara berbagai minyak nabati karena kandungan asam lemak jenuhnya yang signifikan (10-15%) pada posisi-2 dari TAGs.

Artikel terkait:
Pengolahan minyak kelapa sawit
Produk olahan minyak sawit: Cocoa butter substitution
Produk olahan minyak sawit: Margarin
Produk olahan minyak sawit: Vanaspati



No comments: